Rabu, 18 Juni 2014

Tips dan Trik Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Office Word



       Pasti pernah dong disuruh guru atau dosen untuk membuat makalah yang begitu tebal, setelah itu kita harus membuat daftar isinya, apakah kita harus melihat dari awal judul dan halaman lalu kita catat dulu di kertas atau yang lainya baru kita buat daftar isinya, tentunya itu membunag waktu dan tenaga kita.Disini saya akan berbagi TIPS dan TRIK untuk membuat daftar isi secara Otomatis, tanpa basa basi langsung kita praktekan 
Pertama, pada menu Home, di deretan bawah menu tersebut terdapat Styles.

Lalu klik pada bagian panah kecil pada menu Styles
Maka akan muncul kotak Styles


Kemudian letakkan kursor pada bagian kata-kata yang akan anda masukkan kedalam daftar isi, (misalnya Kata Pengantar, BAB 1 Pendahuluan, BAB 2 Isi dan Pembahasan, BAB 3 Penutup, dst) letakkan kursor pada setiap awal kalimat tersebut (Anda lakukan hal tersebut pada tiap halaman).
Misalnya pada halaman kata pengantar. Anda letakkan kursor pada awal kata “Kata Pengantar” kemudian pada kotak Styles klik Heading 1.


Maka kata pengantar tadi akan berubah warna menjadi warna biru.

Begitu anda lakukan pada setiap halaman. Misalnya lagi untuk BAB 1, BAB 2,



Adapun jika yang anda masukkan merupakan sub/bagian dari BAB, misalnya bagian dari BAB 1 yaitu Latar Belakang, Rumusan masalah, Tujuan, Manfaat, dll maka letakkan kursor pada kata Latar Belakang, kemudian pada kotak Styles-nya klik Heading 2.



Dan jika merupakan anak bagian dari sub BAB, Misalnya pada BAB 1, Pada sub Tujuan. memiliki sub sub Tujuan Umum dan Tujuan Khusus, maka yang anda klik adalah Heading 3.


Maka seterusnya seperti itu, untuk bagian dari sub sub BAB tadi maka yang di klik adalah adalahHeading 4, dan seterusnya seperti itu.
Biasanya Sub Bab tersebut diberi nomor, misalnya 1.1 Latar Belakang, 1.2 Rumusan Masalah 1.3 Pertanyaan Penelitian, dst. Maka anda tinggal klik Numbering. Maka Latar Belakang tersebut menjadi seperti berikut.

Untuk mengubah format Number 1. menjadi 1.1 maka anda tinggal meng-klik bagian number tersebut dua kali

Lalu langsung tuliskan 1.1 lalu tekan spasi. Maka number akan terbentuk.

Maka untuk bagian berikutnya pada BAB 1 ini, Anda tinggal meletakkan kursor pada sub bab tersebut lalu klik number, maka akan langsung muncul hasil seperti berikut

Setelah semuanya selesai diberi format Heading, maka anda rapikan terlebih dahulu. Dengan menyamakan bentuk font misalnya Times New Roman, Colour Black.
Kemudian langkah berikutnya, letakkan kursor pada halaman dimana anda akan meletakkan bagian daftar isi. Misalnya pada halaman setelah Kata Pengantar. Tekan Ctrl enter dari akhir halaman kata pengantar sehingga terbentuk halaman kosong baru setelah kata pengantar.

emudian Anda klik menu References, klik submenu Table of Contents –> Automatic Table 1


Maka Daftar Isi anda akan muncul beserta halamannya

Kata Content tersebut bisa diganti menjadi Daftar Isi lalu kita pindahkan ke tengah.

Lalu jika anda telah mengedit kembali, misalnya menambahkan Content untuk daftar isi, menambah atau isi materi, sehingga terjadi perubahan halaman, maka anda tinggal meng-klik Up Date yang terdapat pada bagian atas Tabel of Content tersebut. Maka akan muncul tampilan berikut ini.

Update entire table dipilih apabila Anda telah meng-edit heading yaitu menambah, mengurangi atau memperbaiki materi, maka Anda harus pilih Update entire table.
Tapi, jika Anda tidak menambah atau mengurangi Heading, tetapi hanya mengedit pembahasan (mengurangi atau menambah materi pembahasan) artinya perubahan hanya terjadi pada nomor halaman, Anda sebaiknya memilih Upadate page numbers only.
Karena, jika Anda memilih Update entire table, maka bentuk Daftar Isi Anda kembali harus diperbaiki akibat perubahan otomatis yang terjadi pada keseluruhan Daftar Isi.

Sudah terakhir tinggal klik OK.
Sekian Penjelasan mengenai pembuatan daftar isi otomatis, mudahan enggak ribet ya. Untuk pengaturan beberapa masalah tunggu postingan selanjutnya ya.....

0 komentar:

Posting Komentar