Rabu, 18 Juni 2014

Ciri Khas Daerahku : Pasar Terapung


Pasar terapung merupakan icon wisata Kalimantan selatan, dan ada dua pasar terapung yang dapat dikunjungi di kalimantan selatan yaitu pasar terapung di Muara Kuin dan Di Lok Baintan. Pasar terapung yang terletak di muara kuin dapat ditempuh dari pusat kota banjarmasin sekitar 10 menit menggunakan roda 2 atau 4 kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan Kelotok (Kapal Kecil) ada beberapa tempat penyewaan kelotok seperti di depan Makam dan Mesjid Sultan Suriansyah serta di dermaga. Semakin jauh dari lokasi maka semakin mahal harga sewa kelotoknya, dari yang terdekat berkisar sekitar Rp. 125.000 sampai dari yang lebih jauh seperti dari Mesjid Sultan Suriansyah Rp. 175.000-200.000.



Aktivitas perdagangan dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 09.30 WITA . Pedagangnya didominasi perempuan dengan memakai tutup kepala (tanggui). Mereka menjual berbagai dagangan, seperti sayur-mayur, buah-buahan, kue-kue tradisional, dan lain-lain. Di pasar terapung ini masih berlaku sistem barter, dan uang bukan merupakan alat transaksi utama di pasar terapung ini.
Umumnya, dagangan yang akan dibarter adalah hasil bumi berupa sayur mayur dan buah-buahan. Besaran dan keberimbangan jumlah hasil barter tergantung kesepakatan antarkedua belah pihak. Jika sepakat, maka masing-masing akan mendapatkan barang sesuai keinginan dan selanjutnya digunakan untuk keperluan pribadi di rumah.
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar